Sebelum berselancar, papan selancar Angin Kami Tahu Datang!

Sebelum berselancar, papan selancar Angin Kami Tahu Datang!

Bagi pecinta olahraga ekstrim, Selancar angin adalah salah satu olahraga yang harus diuji untuk selain adrenalin, olahraga ini membutuhkan tingkat tinggi ketangkasan yang harus dipelajari sebelum Anda menggeliat di laut dan berperang melawan ombak. Jika Anda tertarik untuk mencicipi dunia surfing, tidak ada salahnya Anda untuk belajar berbagai hal yang berkaitan dengan surfing, salah satu yang akrab dengan papan selancar yang akan Anda gunakan.

Sebelum berselancar, papan selancar Angin Kami Tahu Datang!
Sebelum berselancar, papan selancar Angin Kami Tahu Datang!

Sebelum berselancar, papan selancar Angin Kami Tahu Datang!

Papan selancar atau papan selancar adalah papan panjang yang digunakan oleh peselancar untuk berdiri di dalam air dan manuver ketika berhadapan dengan ombak. Pertama kali diciptakan oleh penduduk Hawaii kuno, papan selancar ketika itu terbuat dari pohon koa (Acacia koa), tanaman endemik Kepulauan Hawaii, dengan papan panjang hingga 5 meter (15 kaki). Karena terbuat dari kayu, dibentuk papan selancar sangat berat. Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk dan bahan untuk papan selancar tumbuh pesat dari kayu untuk fiberglass atau epoxy sehingga menjadi lebih ringan namun tetap kuat untuk menerjang ombak.

Agar dapat dimanfaatkan secara optimal ketika berselancar, papan selancar harus memiliki beberapa bagian ujung depan papan selancar (hidung), sisi atas di mana peselancar berdiri (dek), sisi bawah yang bersentuhan dengan air (bawah), kembali ujung papan (tail), tangan kiri dan papan kanan (rel), sirip yang terletak di bagian bawah belakang papan (fin), bagian kayu sebagai tulang tengah papan selancar (stringer), lubang di bagian belakang sisi atas papan selancar untuk mengikat (tali cup), dan peselancar tali kaki (leg tali).

Jika Anda seorang peselancar pemula, pastikan Anda memahami jenis bahan yang digunakan untuk membuat papan selancar. Saat ini, papan selancar modern terbuat dari fiberglass atau epoxy. Kedua memberikan hasil yang berbeda pada papan selancar. Penggunaan fiberglass papan selancar akan menghasilkan lebih adaptif terhadap gelombang laut sehingga memudahkan peselancar profesional manuver tapi sayangnya, fiberglass papan selancar lebih mudah rusak. Di sisi lain, papan selancar daya tahan epoxy memiliki 35% lebih kuat, bobot yang lebih ringan, dan daya apung yang lebih baik dari fiberglass papan selancar sehingga cocok untuk pemula. Selain itu, pemula juga harus memilih papan selancar sepanjang 7-8 kaki yang memfasilitasi peselancar berdiri di atas papan keseimbangan dan praktek.

Sebelum berselancar, Anda harus memastikan seberapa tinggi gelombang laut dan kekuatan yang Anda kunjungi karena papan selancar dibuat dalam berbagai jenis untuk menangani berbagai daya tinggi dan gelombang. Untuk gelombang kecil, penggunaan jenis ikan di sepanjang papan 5-6 kaki atau 6-8 kaki telur panjang. Untuk gelombang kecil dan menengah, gunakan shortboard sepanjang 5,10-6,6 kaki atau funboardsepanjang 6,6-7,6 kaki. Untuk daya kecil gelombang menengah, menggunakan sirip retro tunggal sepanjang 6,8-7,2 kaki sementara di gelombang menengah yang kuat, Anda dapat menggunakan malibusepanjang 9 kaki, senjata semi sepanjang 6,8-7,2 kaki, atau mini malibu putaran 7, 6-8,2 kaki . Terakhir, untuk gelombang tinggi yang kuat, menggunakan jenis senjata di sepanjang 7-12 kaki.

Untuk membuat papan selancar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggambar desain dan menentukan ukuran yang tepat dari panjang, lebar, dan ketebalan papan di koran. Setelah desain selesai, mengambil ukuran besar sterofoam, gambar desain dengan ukuran yang tepat di sterofoam, dan memotong sterofoam mengikuti desain. Setelah itu, menyesuaikan ketebalan menggunakan elektronik smoothing sterofoam (planet listrik) dan sterofoam amplas untuk menggiling. Pada tahap ini, Anda bebas berkreasi untuk memberikan gambar yang menarik atau menulis nama Anda pada papan selancar sebelum memasuki tahap coating.

No Comments

Categories: Selancar Angin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *